Sabtu, 21 September 2013

Mengenal Gaya Arsitektur (8): Arsitektur India



Arsitektur Islam, Karnataka,
Gol Gumbaz, Bijapur Karnataka, terbesar di India. Kubah terbesar kedua di dunia (diameter 124 m),
dibangun oleh Muhammad Adil Shah, tahun 1656.
luas lantai 1.700 m2 dan ketinggian 51 m,  dinding struktur 3 m.



Seperti halnya kebanyakan di negara lain, Arsitektur India memiliki keberagaman dalam sejarah, budaya dan geografi. Hal ini menyebabkan sulitnya mengidentifikasi karakterisktik bentuk arsitektur India yang dapat mewakili keseluruhannya. Arsitektur India merupakan hasil paduan berbagai tradisi baik internal maupun eksternal yang datang dari Eropa, Asia Tengah dan Timur. Gaya arsitektur meliputi arsitektur candi Hindu, arsitektur Islam, arsitektur klasik barat, arsitektur modern dan pasca modern.


The Hall of Private Audience at Fatehpur Sikri in Uttar Pradesh, India
Peradaban perkotaan  India kuno dapat dilacak di Mohenjodaro dan Harappa, sekarang masuk wilayah Pakistan. Sejak saat itu, arsitektur India dan teknik sipil , dan manifesti kuil, istana serta benteng terus berkembang di seluruh India dan daerah tetangga . Arsitektur dan teknik sipil dikenal sebagai Sthapatya-kala, secara harfiah "seni membangun". Hall Private Audience Fatehpur Sikri di Uttar Pradesh, India, sebuah contoh awal dari arsitektur Kekaisaran Mughal Agung.


Candi-candi dari Aihole dan Pattadakal adalah contoh awal dikenal dari candi Hindu. Ada banyak kuil Hindu serta  Buddha yang dikenal sebagai contoh yang sangat baik dari  arsitektur India memahat  batu. Menurut J. J. O'Connor dan EF Robertson, yang Sulbasutras adalah lampiran ke Veda memberikan aturan untuk membangun altar. "aturan tersebut mencakup pengetahuan geometris, tetapi ilmu matematika yang sedang dikembangkan, bukan untuk kepentingan diri sendiri, tetapi murni untuk tujuan keagamaan praktis."

Selama Kekaisaran Kushan dan Maurya, arsitektur dan teknik sipil India mencapai daerah seperti Baluchistan dan Afghanistan. Patung Buddha dipahat menonjol, menutupi seluruh tebing gunung, seperti di patung Buddha Bamiyan, Afghanistan. Selama periode ini, seni konstruksi India kuno dipengaruhi oleh gaya Yunani dan menyebar ke Asia Tengah. Ini mencakup arsitektur berbagai dinasti, seperti Arsitektur Hoysala, Arsitektur Wijayanagara  dan Arsitektur Chalukya Barat.

Sejarah arsitektur India dapat dikelompokkan menjadi jaman kuno  (peradaban Lembah Indus), abad pertengahan dan modern . Ini dimulai dengan masa lalu sekitar ke 2500 SM yang merupakan era peradaban lembah Indus . Sejumlah invasi asing dan faktor adat berkontribusi modifikasi dari arsitektur India dan yang terakhir setelah kolonisasi menyerang India.

Secara detail gaya Arsitekture India meliputi :  Arsitektur  Chalukya Barat, Arsitektur Badami Chalukya, Arsitektur Hoysala, Arsitektur Vijayanagara, Arsitektur Dravidian,  Arsitektur Karnataka, Arsitektur Candi Hindu,  Hoysala, Candi Gua Badami, Candi Karnataka Utara, Arsitektur  Rajasthani, Jainism Karnataka Utara, Arsitektur Kalinga,  Arsitektur Kerala, Arsitektur vernacular India, Hemadpanthi.

Peradaban Lembah Indus

Sejarah arsitektur kuno di India dimulai dari masa peradaban lembah Indus ( Indus Valley Civilization),
yang merupakan sebuah peradaban di Zaman Perunggu (1700-2700 SM, periode dewasa 1900-2600 SM) yang terletak di wilayah barat teluk India, yang sekarang dikenal sebagai laut barat Pakistan dan India. Peradaban Lembah Indus berkembang di sekitar cekungan sungai Indus,  terutama berpusat di sepanjang Indus dan wilayah Punjab, sampai ke  lembah Sungai Gangga Ghaggar-Hakra dan Yamuna-Doab. Secara geografis, peradaban tersebar di area seluas beberapa 1.260.000 km, menjadikannya peradaban kuno terbesar di dunia.

sistem drainase di Lothal
Lembah Indus merupakan salah satu peradaban perkotaan paling awal di dunia, sezaman dengan Mesopotamia dan Mesir Kuno. Penduduk kuno lembah sungai Indus mengembangkan teknik-teknik baru dalam pengetahuan tentang pengerjaan logam dan kerajinan ( produk carneol , segel ukiran ) dan menghasilkan tembaga, perunggu dan timah. Peradaban ini terkenal karena kota yang dibangun dari batu bata, sistem drainase pinggir jalan, dan rumah-rumah bertingkat. Pemandian dan sistem toilet kota-kota telah diakui sebagai salah satu yang paling maju di dunia kuno. Perencanaan layout grid kota-kota dengan jalan-jalan di tepat sudut kanan  adalah sistem modern yang dilaksanakan di kota-kota peradaban tertentu. Pengelompokan skala produksi dan peradaban perkotaan khusus ini adalah tak tertandingi pada saat itu dan selama berabad-abad mendatang.

Kemudian, awal dari arsitektur India dapat ditelusuri kembali dengan munculnya Buddhisme di India . Saat  di periode ini  sejumlah  bangunan besar megah banyak yang dibangun. Beberapa karya besar dari seni arsitektur dan Buddha berupa Stupa besar di Sanchi dan gua-gua batu pahat di Ajanta.

Sejak ditemukan peradapan kuno di Harappa tahun 1920 sampai dengan tahun 1999 sudah ditemukan lebih dari 1.052 kota dan pemukiman. Kebanyakan penemuan itu terletak di wilayah umum Sungai Ghaggar-Hakra dan anak sungainya. Di antara pemukiman adalah pusat-pusat perkotaan utama Harappa, Lothal, Mohenjo-daro (UNESCO World Heritage Site), Dholavira, Kalibanga, dan Rakhigarhi.

candi Kandariya Mahadeva,
contoh gaya arsitektur Nagara
Masuknya invansi bangsa Arya dari Barat Utara, membuat pengaruh aristektur dari peradaban Lembah indus ini memudar. Dengan invasi Arya, para Dravida pindah ke selatan. Jadi sebagian besar arsitektur Dravida ditemukan di selatan India negara bagian Tamil Nadu, Kerala, Andhra Pradesh dan Karnataka. Mengingat latar belakang Arya ini, tidaklah mengherankan bahwa arsitektur Periode Veda adalah tidak monumental maupun permanen maupun terkonsentrasi dalam pembangunan perkotaan. Dengan hilangnya budaya Indus dan kota-kotanya, penduduk Indo - Arya baru ini sebagian besar didistribusikan di pemukiman kecil yang terletak di dataran rendah dan hutan. Kayu, bambu dan jerami yang digunakan sebagai bahan bangunan. Metode konstruksi dalam bambu dan jerami dipraktekkan oleh jauh sebelum intrusi penjajah bagian utara Dravidia. Epos Ramayana dan Mahabharata ditulis dalam periode ini yang mengacu pada monumen arsitektur seperti tempat ibadah, makam dan istana. Di India selatan sejumlah batu makam Periode Veda telah ditemukan di Mennapuram dan Calicut di Malabar. Arsitektur dari Arya disebut sebagai gaya arsitektur Nagara. Arsitektur periode epik  kemudian terinspirasi oleh arsitektur Hindu dan Budha.

Periode Maha Janapadas (1500 SM - 200 M)


Stupa besar di Sanchi ( abad 1-4 SM)
Arsitektur India selama Pos Periode Maha Janapadas dipengaruhi oleh Enam belas monarki seperti Kosala, Angga, Kasi, Magadha, Vriji, Chedi, Malla, Vamsa, Panchala, Machcha, Kuru, Assaka, Surasena, Gandhara, Avanti dan Kamboja membentuk era yang dikenal sebagai Periode Maha Janapadas  selama 500 SM. Pada abad ketiga SM, menyatu dengan arsitektur Helenistik dan Romawi, kubah berbentuk arsitektur Buddha seperti Sanchi stube dibangun sebagai monumen kenangan dengan repositori artefak suci. Pahatan batu Dhank dan  kuil gua yang unik dan arsitektur di Ajanta Ellora meningkatkan gaya Arsitektur India. Bendungan Anicut yang besar dibangun di Sungai Kaveri selama abad ke-1 dan 2 adalah arsitektur regulasi air tertua dan masih digunakan.
Stupa Budha, sebuah monumen berbentuk kubah, digunakan di India sebagai monumen peringatan yang berhubungan dengan menyimpan relik suci. Stupa arsitektur diadopsi di Asia Tenggara dan Asia Timur, terkenal sebagai monumen Buddha digunakan untuk mengabadikan peninggalan sakral. Kota berbenteng dengan stupa, vihara, serta vihara dibangun selama kerajaan Maurya  ( 321-185 SM ).

Rock-cut stepwells di India 200-400 M.  Selanjutnya , pembangunan sumur Dhank ( 550-625 M ) dan stepped ponds di Bhinmal ( 850-950 M ) berlangsung . Kota Mohenjo - daro gua candi menjadi terkemuka di seluruh India barat , menggabungkan berbagai fitur unik untuk menimbulkan arsitektur gua di tempat-tempat seperti Ajanta dan Ellora.

Arsitektur Buddha dicampur dengan arsitektur Romawi dan arsitektur Hellenestic menghasilkan  seni dan budaya India, seperti sekolah Buddha-Yunani. Ini fertilisasi silang antara aliran seni yang berbeda melahirkan bentuk-bentuk yang baru, sementara tetap mempertahankan esensi dari masa lalu. Sebuah tradisi budaya dan seni sudah mapan sebelum awal abad ke-20 di India.

 

Awal Abad Pertengahan  (200 M-1200 M)


Pada era ini berkembang Arsitektur Candi Maru-Gurjara, berasal di suatu tempat di abad ke-6 sekitar kawasan Rajasthan. Arsitektur Maru-Gurjara  menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang struktur dan keterampilan halus  pengrajin Alka dari zaman dulu. Arsitektur Maru-Gurjara memiliki dua gaya yang menonjol Maha-Maru Maru dan-Gurjara. gaya Maha-Maru dikembangkan terutama di Marudesa, Sapadalaksa, Surasena dan bagian dari Uparamala sedangkan Maru-Gujarat berasal Medapata, Gurjaradesa-Arbuda, Gurjaradesa-Anarta dan beberapa wilayah Gujarat. Para pakar seperti George Michell , MA Dhaky, Michael W. Meister dan US Moorti percaya bahwa Arsitektur candi maru-Gurjara adalah arsitektur India Barat seluruhnya  dan sangat berbeda dari arsitektur Candi India Utara. Ada link yang menghubungkan antara Arsitektur Candi maru Gurjara dan Hoysala.

Candi India Selatan pada dasarnya terdiri dari bilik-persegi terlindung oleh bagian bangunan di atasnya. menara, atau puncak menara dan teras berpilar atau hall, tertutup oleh bangunan-bangunan kecil di halaman yang dikelilingi dinding berbentuk persegi panjang. Dinding luar candi tersegmentasi oleh pilaster dan dinding berceruk untuk tempat patung. Suprastruktur atau menara di atas tempat kudus adalah dari jenis Kutina yang berbentuk piramida. Menara ini diatapi oleh kubah dengan hiasan mahkota

Kuil Lingaraj


Sun Temple
Kuil India Utara menunjukkan peningkatan ketinggian dinding dan menara elaborasi dengan abad ke-10. Richly dihiasi kuil-termasuk kompleks di Khajuraho dibangun di India Tengah.  Konstruksi Grandeur, patung yang indah,  ukiran halus, kubah tinggi, gopuras dan halaman yang luas adalah fitur dari arsitektur candi di India. Contohnya termasuk Kuil Lingaraj  Chalukya Bhubaneshwar di Odisha, Sun Temple  Konark di Odisha, Temple Brihadishwar  Thanjavur di Tamil Nadu.


Abad Pertengahan (1100 M-1526 M)


Hiasan ambang atas Mantapa,
di depan kuil Belur
Periode Arsitektur Wijayanagara  (1336 - 1565 M) adalah gaya bangunan terkenal berevolusi oleh kekaisaran Vijayanagar yang memerintah sebagian besar India Selatan dari ibukota mereka di Wijayanagara di tepi Sungai Tungabhadra, sekarang dikenal sebagai Arsitektur Karnataka . Kuil-kuil yang dibangun pada masa pemerintahan dari kerajaan Wijayanagara memiliki unsur-unsur dari otoritas politik. Hal ini mengakibatkan dalam penciptaan gaya arsitektur khas kekaisaran yang menonjol tidak hanya di candi tetapi juga dalam struktur administrasi di deccan. Gaya Wijayanagara adalah kombinasi dari Chalukya, Hoysala, Pandya dan gaya Chola yang berkembang di awal abad ketika kerajaan-kerajaan memerintah dan ditandai oleh kembalinya seni sederhana dan tenang dari masa lalu.

Chennakesava Temple, Belur
Arsitektur Hoysala adalah gaya khas bangunan yang dikembangkan di bawah kekuasaan Kekaisaran Hoysala di wilayah Karnata, India antara abad 11 dan 14. Kuil kecil dan besar dibangun pada masa ini tetap sebagai contoh dari gaya arsitektur Hoysala, termasuk Kuil Chennakesava di Belur, Kuil Hoysaleswara di Halebidu, dan Kuil Kesava di Somanathapura. Contoh lain gaya Hoysala adalah candi-candi di Belavadi, Amrithapura, dan Nuggehalli. Studi gaya arsitektur Hoysala telah mengungkapkan pengaruh Indo-Arya yan berbeda dari gaya India Selatan. Sebuah fitur arsitektur candi Hoysala lebih memperhatikan setiap detail dan  keterampil pengrajjin. Kuil-kuil Belur dan Halebidu yang diusulkan situs warisan dunia . Sekitar 100  candi Hoysala masih bertahan hingga sekarang dan diusulkan sebagai wrisan dunia (UNESCO).

 

Pengaruh  Era Islam dan Mughal (1526 M-1857 M)


Dengan kedatangan Islam ke India, banyak fitur baru datang yang akan diperkenalkan di gedung-gedung. Perkembangan Gaya  Arsitektur Muslim pada periode ini bisa disebut Arsitektur Indo-Islam atau Arsitektur India dipengaruhi oleh Seni Islam.

Qutb Minar dan Alai Darwaza (Alai Gate),
pintu masuk ke Masjid quwwat-Ul-Islam
Arsitektur India disaksikan perubahan besar setelah pengenalan arsitektur arsitektur indo - Islam di vista India. Arsitektur Islam ini mirip dengan arsitektur adat misalnya candi dan masjid sama-sama memiliki pekarangan terbuka di depan bangunan. Benteng Qutub Minar Siri dan Alai Darwaza adalah bukti arsitektur indah dari periode ini. Orang-orang Islam memperkenalkan penggunaan lengkungan dalam arsitektur. Periode Dinasti Tughluq dalam sejarah telah ditandai sebagai saat  kegairahan besar dan penemuan kembali untuk arsitektur Islam. Firoz Shah Tughlaq yang memerintah Delhi 1351-1388 M adalah seorang pelindung besar arsitektur Islam dan dibangun kota kelima Delhi, dinamakan sebagai Ferozshah Kotla. Penguasa Sayyid dan Lodhi  yang berhasil dalam Tughlaqs yang tertarik pada gaya arsitektur yang lebih mewah dan Lodhis memperkenalkan konsep baru dari kubah ganda. Mereka juga memelopori jenis hiasan baru , pengaruh dari Persia, ubin enamel, batu pasir abu-abu. Kesultanan Delhi kemudia  digantikan oleh Dinasti Mogul yang arsitekturnya merupakan perpaduan arsitektur indo -Islam dan Persia.


Sebuah panorama Istana Fatehpur Sikri

Arsitektur Mughal mencapai puncaknya pada masa pemerintahan Kaisar Akbar. Kota megah Fatehpur Sikri merupakan contoh menakjubkan dari arsitektur Mughal. Bangunan yang paling mengesankan dari Fatehpur Sikri adalah masjid Jami. Pintu masuk selatan masjid ini merupakan Buland Darwaza. Arsitektur Hindu selama pemerintahan Akbar diwujudkan dalam istana Jodha Bai dan warga Birbal. Fitur arsitektur Hindu lenyap di bawah pemerintahan Jahangir dan arsitektur menonjol selama pemerintahannya adalah masjid di Lahore, taman Shalimar dan makam Itmad - ud - Daulah. Pemerintahan Shah Jahan tercatat untuk keanggunan dan perbaikan dalam arsitektur. Taj Mahal adalah ciptaan yang paling indah dari Shah Jahan. Benteng Agra dibangun oleh Syah Jahan terus membangkitkan kegairahan dan kekaguman. Arsitektur Mughal bertemu ujungnya di bawah pemerintahan Aurangazeb. Yang paling menonjol gaya arsitektur pada masa pemerintahan Aurangazeb adalah masjid Badshahi. Masjid al Zinat dan makam Roshanara Begum adalah salah satu monumen arsitektur lainnya.


Panel arsitektur, dinasti Mughal,
akhir abad ke-17, India.
Panel ini juga tergantung
di depan pintu istana
atau dilapisi tenda bangsawan.
Ciri khas pada periode Muslim adalah penggunaan kaligrafi disetiap bangunan, namun penggambaran dari setiap makhluk bernyawa menjadi-bagian penting dari Arsitektur tradisi pra-Islam India-dilarang dalam Islam.
detail konsol muqarnas
di bawah balkon, Qutub Minar
selama Periode Mughal telah menunjukkan perpaduan yang sangat baik dari gaya India dengan gaya Iran. Kubah ganda, gerbang lengkung tersembunyi, marmer putih dan taman sambil menekankan pada simetri dan setiap unsur dekorasi.


 

 

Arsitektur Kolonial (1857 M - 1947 M)


Seperti semua aspek lain, kolonisasi di India juga berdampak pada gaya arsitektur setempat. Dengan kolonisasi, sebuah babak baru dalam arsitektur India dimulai. Belanda, Portugis dan Perancis turut mempengaruhi dalam desain arsitektur, tepapi pengaruh Inggris-lah yang lebih dominan.

Kolonisasi Britania membawa beberapa perubahan dalam arsitektur India. Sebagian besar gedung-gedung pemerintah, sistem kereta api dan jalan raya di India kontemporer dipengaruhi oleh budaya dan arsitektur Inggris. Gaya Eropa yang dicampur dengan gaya India kuno seperti atap overhang  yang lebar dan paviliun berdiri sendiri. Rastrapathi Bhavan di New Delhi adalah contoh sempurna untuk arsitektur tersebut.

Di bawah pemerintahan kolonial, arsitektur menjadi lambang kekuasaan, yang dirancang untuk mendukung pelindung. Para penjajah Eropa menciptakan arsitektur yang melambangkan misi penaklukan mereka , didedikasikan untuk negara atau agama.

Kemudian pada era ini pulalah dimulai babak baru, arsitektur  India modern. Kolonisasi India memiliki dampak besar pada gaya arsitektur. Gedung-gedung dan monumen yang dibangun selama era ini dipengaruhi oleh arsitektur Portugis, Perancis, Inggris dan Belanda.



0 komentar:

Posting Komentar